3 Alasan Mengapa Perlu Berlatih Memulasara Jenazah

Kamis, 29 Desember 2022, di penghujung tahun 2022 kemarin PDNA Kab. Sumedang kembali mengadakan KANTIN YUNAS (Kajian Rutin Yunda-yunda Nasyiatul Aisyiyah Sumedang) yang mengusung topik “Pemulasaraan Jenazah".

Tema ini muncul atas dorongan semangat para anggota Nasyiah Sumedang. Hal ini berlatar belakang minimnya partisipasi  perempuan muda yang peduli dan ingin belajar tata cara pemulasaraan. Temuan saat ini, mayoritas yang kiprahnya masih istiqomah dalam memulasara jenazah yaitu para bunda-bunda yang sudah lanjut usia. Sedangkan para perempuan muda masih enggan karena rasa takut yang menyelimuti.

Pelatihan Pemulasaraan Jenazah ini bertempat di Sekretariat Aisyiyah Kab. Sumedang, dengan narasumber Umi May (Hj. May Juariyah). Adapun  peserta pelatihan yaitu para Pengurus dan Anggota Nasyiatul Aisyiyah Sumedang. Pelatihan ini meliputi tatacara memandikan, mengafani, dan menyolatkan jenazah (Jenazah Perempuan).

Pelatihan ini diawali dengan pemaparan teori oleh Umi May, selanjutnya praktek dengan menggunakan alat peraga yang telah kami siapkan dengan lengkap. Alhamdulillah dalam acara ini semua sangat berantusias.

Paparan teori yang disampaikan oleh Umi May tersampaikan begitu detil sehingga memberikan pemahaman yang begitu mendalam. Tak ada lagi rasa takut yang semula dikhawatirkan berkat pencerahan yang disampaikan Umi May.

Setelah teori, semua peserta berpartisipasi dalam sesi praktek. Semua kini sadar, bahwa berlatih keterampilan ini sangat penting karena beberapa alasan. Pertama, keutamaan menuntut ilmu agama akan mengangkat derajat kemuliaan seorang muslim. Kedua, adanya kebutuhan untuk memuliakan kerabat jika ada yang wafat.


Ketiga, memulasara jenazah akan selalu mengingatkan kepada kematian. Hal ini menjadikan seorang muslim semakin taqwa kepada Allah swt.

3 alasan tersebut telah mengubah pola pikir para peserta. Semua yang semula takut kini menjadi bersemangat untuk lebih terampil dalam pemulasaraan jenazah.

Harapan setelah pelatihan ini adalah semoga Nasyiah sebagai generasi muda yang berakhlak mulia tak lagi segan dalam memulasara jenazah karena telah siap secara mental. 


Tags: #nasyiatulaisyiyahjawabarat #pelatihanpemulasaraanjenazah #pwnajawabarat #pdnakabupatensumedang #nasyiatulaisyiyahkabupatensumedang


0 Comments:

Posting Komentar