KAPEIN: Perlindungan Kesehatan Reproduksi Perempuan dalam Islam

 


Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Sumedang pada tanggal 14 Oktober 2020, pukul 18.15-20.00 WIB mengadakan webinar kesehatan bagi para perempuan. Kegiatan virtual ini terselenggara atas dasar pemikiran jajaran PDNA Kabupaten Sumedang terhadap dampak pandemi pada perkawinan anak.

Fenomena tersebut sesuai dengan data yang dikeluarkan KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) bahwa di masa pandemi ini angka perkawinan anak meningkat sangat signifikan.  Sebagai informasi di tahun 2019 tercatat perkawiinan anak sebanyak 23.700 kasus, dan ditahun 2020 per bulan Oktober ini sudah mencapai 34.000 kasus.

Webinar KAPEIN dengan tema “Pelindungan Kesehatan Reproduksi Perempuan dalam Islam” ini merupakan kolaborasi antara departemen kesehatan dan departeman dakwah PDNA Kabupaten Sumedang. “Sesi webinar ini akan dilaksanakan secara rutin dalam setiap bulan dengan tema yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari para peserta KAPEIN sebelumnya”, ujar Karwati, Ketua PDNA Kabupaten Sumedang dalam memberikan arahan awal pada awal acara webinar.

Pembicara yang pertama yaitu Santi Yuspitawati, A. Md. Kep (Ketua Dept. Kesehatan) dan pembicara kedua adalah Atikah Nurhidayati, S.Pd (Ketua Dept. Dakwah). Webinar terlaksana sangat interaktif dengan pemilihan waktu yang sangat pas, ujar Windy salah satu santri dari ponpes Almadinah.

        Harapan ke depan semoga acara KAPEIN ini bisa lebih banyak lagi partisipan, sehingga berbanding lurus dengan salah satu poin cita-cita Nasyiatul Aisyiyah tahun 2020, yaitu terciptanya berbagai sumber pembelajaran untuk keluarga (family learning center). Bentuk upaya yang ditempuh oleh PDNA Kab. Sumedang ini diantaranya lewat webinar KAPEIN yang mengarah kepada memberikan perlindungan dan pendampingan terhadap permasalahan anak dan perempuan. (Karwati)

0 Comments:

Posting Komentar