MENYIAPKAN DIRI MENJADI CALON IBU

Sebelum menjadi seorang calon ibu, dibutuhkan persiapan matang baik secara fisik maupun mental. Apalagi, bagi yang baru pertama kali merasakan pengalaman sebagai ibu. Aktivitas harian yang akan semakin padat mengurus rumah tangga dan anak pun menunggu.

Maka dari itu, tidak sedikit perempuan yang merasa bingung hingga tertekan ketika menjalani keseharian menjadi istri sekaligus ibu bagi anak. padahal menjadi seorang ibu merupakan impian semua wanitia sebagai kesempurnaan hidup dalam berumah tangga. beberapa hal yang harus diperhatikan dan di dapatkan oleh calon ibu diantaranya:

1. Mendapatkan support dari orang terdekat

Poin paling utama adalah mencari dukungan atau support system sebelum dan setelah melahirkan. Support system bisa berasal dari suami, keluarga, teman, maupun komunitas. Dengan adanya dukungan, Mom punya tempat bertukar cerita dan mencurahkan isi hati selama menjalani suka duka sebagai ibu nantinya. Bila sewaktu-waktu perlu bantuan pun tidak lagi bingung.

2. Memperluas wawasan

Cara mengurus bayi serta kebutuhan apa saja yang dibutuhkan sebaiknya Mom cari tahu terlebih dahulu sebelum bayi lahir. Sekilas, mungkin terkesan mudah, tetapi praktiknya menjadi seorang ibu tentu tidak semudah yang dibayangkan.Seorang ibu harus tahu betul cara merawat bayi, memandikan bayi hingga menyusui dengan benar. Untuk hal ini, Mom dapat memperluas wawasan dengan mengikuti kelas khusus di rumah sakit, belajar langsung dari orang tua sendiri. Tidak ada kata berhenti belajar bagi seorang ibu. Karena pada hakikatnya, menjadi orang tua merupakan proses belajar seumur hidup. Ada tahapan yang harus dilewati dan tantangan di setiap fase tentu berbeda-beda. Bantuan dari orang terdekat akan memperkuat mental perempuan seiring waktu. Sehingga, tak ada lagi alasan mengeluh karena punya kekuatan menjalani hari demi hari.

3. Komunikasikan dengan pasangan

Untuk memperkuat mental, sering-seringlah berkomunikasi dengan suami. Diskusikan rencana saat mengurus bayi setelah melahirkan nanti, termasuk jika ingin berbagi tugas. Kelangsungan hubungan rumah tangga bukan lah tanggung jawab satu orang saja, melainkan harus bersama. Sehingga, tugas mengurus bayi pun bukan mutlak tanggung jawab ibu saja. Suami juga ikut andil agar istri tidak stres.

sumber : https://www.okemom.com/rizkagusti/o49k07m/tips-mempersiapkan-diri-sebelum-menjadi-seorang-ibu

0 Comments:

Posting Komentar