MONEV Program Kemenaker TKM ke BUANA Garut


Selasa, 5/6 Badan Usaha Milik NA (BUANA) yang dikelola oleh PDNA Garut mendapatkan monitoring dan evaluasi dari salah satu program Kemenaker RI Tenaga Kerja Mandiri (TKM).


BUANA adalah gerakan amal usaha NA yang dibentuk guna mendukung beragam gerak organisasi. Tujuan yang dicapai adalah memberikan kemandirian ekonomi bagi para perempuan muda, menguatkan  peran organisasi dalam menyejahterakan anggotanya, meningkatkan sumber daya perempuan dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat lewat gerakan wirausaha dan ekonomi. 

Konsultasi PDNA Garut selaku pengelola BUANA dengan Staf Kemenaker RI.


BUANA yang dirintis dan dikelola oleh PDNA Garut memiliki beragam bidang usaha yang meliputi kerajinan tangan (handcraft) yang memproduksi tote bag, masker, dan aksesoris lain kebutuhan muslimah.


Melalui salah satu program yang digagas oleh Kemenaker RI, yaitu program TKM (Tenaga Kerja Mandiri), sejak Oktober 2021, BUANA PDNA Garut mendapatkan suntikan dana dari program ini. Selama program berlangsung, pemantauan, pendampingan, dan monitoring evaluasi program dijalankan dan dipantau langsung oleh pihak Kemenaker. 


Beberapa hal yang disampaikan terkait hasil monitoring evaluasi program ini, yaitu pertama, BUANA harus merambah dan menyasar anak muda yang akan memulai, dan merintis usaha. Kedua, perlunya digital marketing mulai dari pengelolaan, branding, dan administrasi yang berbasis digital. Ketiga, pencatatan keuangan berbasis digital merupakan elemen yang esensial untuk sebuah usaha di masa kini. Dan untuk keberlangsungan sinergi program BUANA dan TKM Kemenaker ini, BUANA PDNA Garut harus mendaftar kembali program lanjutan.


0 Comments:

Posting Komentar